Sosialisasi Sekolah Ramah Anak Tahun 2024 tahap 2

BLog Img

Sosialisasi Sekolah Ramah Anak Tahun 2024 tahap 2

Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas PPPAPPKB melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) tahap ke dua bertempat di Ruang Rapat Dinas PPPAPPKB (13 Februari 2024). Pada tahap kedua ini peserta terdiri dari 50 orang Tenaga Pendidik (Guru) di Kabupaten Ogan Ilir.


Sekolah Ramah Anak (SRA) didefinisikan sebagai satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan. SRA ini merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak di sekolah, melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri dan nyaman.


Adapun tujuan dilaksankannya Sosialisasi Sekolah Ramah Anak adalah Peserta memahami definisi Sekolah Ramah Anak beserta indikator-indikator di dalamnya, Peserta memahami pentingnya Sekolah Ramah Anak, dan Peserta dapat memahami dan melakukan langkah-langkah menuju Sekolah Ramah Anak. Tujuannya membentuk Sekolah untuk menjadi Sekolah yang Ramah Anak sehingga anak merasa nyaman disekolah, terhindar dari Bullying dan Kekerasan pada Anak.

Blog Author

Written by

Dinas PPPAPPKB