Penyerahan Sertifikat Elsimil

BLog Img

Penyerahan Sertifikat Elsimil


Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas PPPAPPKB Ogan Ilir bekerja sama dengan Balai Penyuluhan KB telah melaksanakan Program penyerahan Sertifikat Elsimil Minggu ke 3 Bulan Januari 2024 kepada Pengantin melalui kader TPK. Sertifikat Elsimil diserahkan setelah akad nikah dari kecamatan ke kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.


Sertifikat Siap Nikah, Siap Hamil (Elsimil) merupakan salah satu Inovasi dari Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Kementerian Agama untuk menekan angka stunting yang ditujukan kepada calon pengantin. 

Sertifikat Elsimil merupakan salah satu syarat untuk melakukan pernikahan. Sertifikat Elsimil didapatkan setelah calon pengantin melakukan screnning atau pemeriksaan kesehatan di pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, Rumah sakit, bidan praktek terdekat dan di pantau serta didampingi oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) Desa di wilayah calon pengantin tersebut. Hasil dari pemeriksaan ini sangat penting untuk mengetahui resiko kehamilan dan kelahiran bayi stunting.

Blog Author

Written by

Dinas PPPAPPKB